Skip to content

Hari Hutan Sedunia 21 Maret 2022

hari hutan sedunia

Hari ini, 21 Maret 2022 diperingati sebagai Hari Hutan Sedunia berdasarkan resolusi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Melalui peringatan Hari Hutan Sedunia ini, PBB mendiring semua negara untuk melakukan kegiatan yang berpusat pada hutan, contohnya menanam pohon. Gerakan yang bisa dilakukan baik di tingkat internasional, nasional dan lokal. Harapannya, muncul kesadaran yang kian meningkat untuk menjaga kelestarian hutan, termasuk juga makhluk hidup di dalamnya.

Tema Hari Hutan Sedunia kali ini adalah “hutan dan produksi dan konsumsi berkelanjutan”. Tema ini berfokus pada kelestarian konsumsi kayu secara berkelanjutan untuk kepentingan kehidupan bersama. Karenanya, masyarakat bisa berperan dengan membeli produk kehutanan yang bersertifikat. Melalui cara ini maka bisa dipastikan berasal dari produk hutan deari praktik yang lestari.

Hutan di kawasan Sempol Kabupaten Bondowoso
Hutan di kawasan Sempol Kabupaten Bondowoso

Fakta Tentang Hutan Yang Perlu Diketahui

Beberapa fakta hutan yang perlu kita ketahui supaya mengerti betapa sangat pentingnya arti hutan bagi kehidupan di Bumi ini.

Pertama, hutan memiliki kekayaan alam yang sangat dibutuhkan bagi kelangsungan hidup manusia seperti energi, makanan, kebutuhan untuk membangun tempat tinggal, sumber air, dan sumber mata pencaharian.

Kedua, hutan menjadi tempat tumbuhan pohon dengan jumlah lebih dari 60 ribu jenis dan keanekaragaman hayati dunia lebih dari 80 persen. Keberadaan pepohonan ini menjadi rumah bagi bermacam jenis binatang.

Ketiga, hutan turun menjaga kondisi iklim dunia sehingga bumi tetap lestari sebagai planet yang ramah untuk ditinggali.

Baca juga: Upaya pencegahan pemanasan global

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!