Skip to content

Green Sukuk Di Indonesia Untuk Ekonomi Hijau

green sukuk di indonesia

Dalam dua dasawarsa terakhir, istilah ekonomi hijau bergaung kencang. Gaung yang kian besar dari paradigma ekonomi yang pro-kelestarian lingkungan hidup dan keberlanjutan ini diturunkan dalam banyak program pembangunan termasuk dukungan pembiayaannya.

Ekonomi hijau adalah model ekonomi yang mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dengan melindungi dan memelihara lingkungan alam. Ekonomi hijau berfokus pada pengembangan teknologi dan praktik yang ramah lingkungan, serta mengurangi emisi gas rumah kaca dan mempertahankan sumber daya alam untuk generasi mendatang.

Tujuan dari ekonomi hijau adalah untuk memastikan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan bertahan lama tanpa mengorbankan kualitas lingkungan dan sumber daya alam. Ekonomi hijau memperkuat konsep ekonomi berkelanjutan dengan menekankan peran penting lingkungan dalam pembangunan ekonomi yang sehat dan berkelanjutan.

Kondisi Bumi yang berada dalam ancaman kenaikan temperatur rata-rata yang mengakibatkan perubahan iklim memaksa dilakukannya perubahan paradigma ekonomi menjadi paradigma ekonomi hijau.

Keuangan Hijau dan Green Sukuk

Keuangan hijau adalah sektor keuangan yang memfokuskan diri pada pembiayaan proyek dan aktivitas yang berkontribusi pada perbaikan lingkungan dan pengembangan ekonomi hijau. Ini meliputi produk keuangan seperti green bonds dan green sukuk, serta praktik investasi yang mempertimbangkan faktor lingkungan dalam keputusan investasi.

Tujuannya adalah memberikan dukungan finansial untuk proyek lingkungan hijau dan membantu mempercepat transisi ke ekonomi hijau yang berkelanjutan. Keuangan hijau juga membantu mengatasi masalah lingkungan dan perubahan iklim dengan memberikan sumber pendanaan yang dibutuhkan untuk inisiatif lingkungan yang berkualitas.

Dalam hubungannya dengan keuangan hijau, dalam sepuluh tahun terakhir, di sistem keuangan syariah dikembangkan green sukuk yang dimaksudkan untuk pembiayaan di bidang keberlanjutan lingkungan. Di Indonesia sendiri, perkembangan green sukuk menunjukkan indikasi yang makin positif.

Green Sukuk adalah jenis sukuk yang berfokus pada proyek-proyek lingkungan hijau dan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Ini menawarkan investor kemampuan untuk berinvestasi dalam proyek-proyek yang berkontribusi pada perbaikan lingkungan dan membantu mengatasi masalah lingkungan, seperti perubahan iklim dan degradasi lingkungan. Green Sukuk juga menyediakan sumber pendanaan untuk proyek-proyek lingkungan yang membutuhkan dukungan finansial.

Keuntungan Investasi Green Sukuk

Sebelum memutuskan ikut berinvestasi pada produk keuangan green sukuk, kita perlu memahami keuntungan dari investasi keuangan syariah ini. Keuntungan dari green sukuk adalah :

Berkontribusi pada perbaikan lingkungan: Green Sukuk membantu membiayai proyek lingkungan hijau dan berkesinambungan, yang membantu mengatasi masalah lingkungan seperti perubahan iklim dan degradasi lingkungan.

Diversifikasi portofolio: Investasi green sukuk dapat menawarkan diversifikasi bagi portofolio investor karena ini merupakan jenis investasi baru yang berkembang dengan cepat.

Potensi hasil yang baik: Green Sukuk memiliki potensi hasil yang baik karena ini merupakan jenis investasi yang sering diperdagangkan dan diikuti oleh investor institusional.

Kepedulian terhadap lingkungan: Melakukan investasi green sukuk menunjukkan kepedulian investor terhadap lingkungan dan perubahan iklim, serta membantu mempromosikan praktik bisnis yang berkesinambungan.

Menjadi bagian dari solusi lingkungan: Melakukan investasi green sukuk membantu membiayai solusi lingkungan dan mempercepat transisi ke ekonomi hijau yang berkelanjutan.

Kelebihan Investasi Green Sukuk Dibandingkan Jenis Investasi Lainnya

Investasi pada green sukuk tidak bisa dilepaskan dari preferensi membantu perbaikan kondisi lingkungan yang kian rusak. Pertimbangan sisi idealisme ini lebih baik tidak mengabaikan sisi rasionalisme yaitu bahwa investasi untuk mendapatkan keuntungan.Berikut ini adalah beberapa kelebihan investasi green sukuk:

Fokus pada proyek lingkungan: Green Sukuk hanya membiayai proyek-proyek lingkungan hijau dan berkesinambungan, memastikan bahwa uang investor digunakan untuk hal-hal yang positif bagi lingkungan.

Transparansi dan akuntabilitas: Green Sukuk menyediakan transparansi dan akuntabilitas yang tinggi melalui mekanisme pemantauan dan laporan yang ketat untuk memastikan bahwa proyek yang didanai memenuhi standar lingkungan.

Diversifikasi portofolio: Green Sukuk menawarkan diversifikasi bagi portofolio investor karena ini merupakan jenis investasi yang sering diperdagangkan dan diikuti oleh investor institusional.

Kemampuan berinvestasi dalam proyek lingkungan: Investasi green sukuk memberikan kemampuan bagi investor untuk berinvestasi dalam proyek-proyek lingkungan yang penting, membantu mempercepat solusi lingkungan dan transisi ke ekonomi hijau.

Potensi hasil yang baik: Green Sukuk memiliki potensi hasil yang baik karena ini merupakan jenis investasi yang sering diperdagangkan dan diikuti oleh investor institusional.

Risiko Investasi Green Sukuk

Seperi jenis investasi lainnya, investasi melalui green sukuk juga memiliki risiko. Oleh karena itu, calon investor perlu  mengentahui dan mempertimbangkan risiko, termasuk meminta saran dari profesional keuangan sebelum melakukan investasi.

Berikut ini adalah beberapa risiko yang terkait dengan investasi green sukuk:

Risiko pasar: Green Sukuk terpapar pada risiko pasar yang sama dengan jenis investasi lainnya, seperti fluktuasi harga, likuiditas, dan volatilitas.

Risiko kredit: Green Sukuk berisiko terkena default dari penerbitnya, yang dapat menyebabkan kerugian bagi investor.

Risiko proyek: Proyek-proyek lingkungan yang didanai melalui green sukuk mungkin mengalami kesulitan teknis, kegagalan proyek, atau masalah lingkungan yang tidak terduga.

Risiko regulasi: Green Sukuk mungkin terpapar pada risiko regulasi, termasuk perubahan aturan dan regulasi lingkungan yang tidak menguntungkan bagi proyek-proyek yang didanai.

Risiko likuiditas: Green Sukuk mungkin kurang likuid dibandingkan jenis investasi lainnya, sehingga investor mungkin mengalami kesulitan untuk menjual posisinya secepat yang diinginkan.

Beberapa Tantangan Green Sukuk Di Indonesia

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, ada harapan bahwa penerapan salah satu produk keuangan syariah ini mendapapatkan apresiasi tinggi dari masyarakat. Trend yang berkembang hingga tahun 2022 lalu, penerbitan green sukuk melebihi ekspektasi. Fakta ini menjadi bagian dari optimisme untuk meningkatkan nilai jual green sukuk meskipun dari besaran investasi masih kalah dibandingkan beberapa negara arab.

Ada beberapa tantangan dalam penerapan green sukuk di Indonesia dan menjadi pekerjaan rumah untuk diperbaiki, yaitu:

Awareness dan kesadaran: Masih ada kekurangan kesadaran dan pemahaman tentang green sukuk di kalangan masyarakat, khususnya investor.

Standar dan definisi: Masih ada perdebatan mengenai standar dan definisi green sukuk yang membingungkan bagi pemegang sukuk dan investor. Karenanya, Pembentukan standar dan definisi yang jelas dan bersamaan oleh pihak yang terkait untuk memastikan bahwa green sukuk benar-benar berkaitan dengan proyek-proyek berkaitan dengan lingkungan.

Aksesibilitas: Aksesibilitas green sukuk masih terbatas karena masih sedikit jumlah perusahaan dan proyek yang menerapkan green sukuk sebagai alat finansial. Karenanya perlu adanya perlunya  aksesibilitas green sukuk melalui pembentukan jaringan antar lembaga dan memberikan dukungan kepada perusahaan dan proyek yang menerapkan green sukuk.

Kemampuan penerbit: Beberapa penerbit green sukuk masih kurang memiliki kemampuan untuk memenuhi kewajiban yang terkait dengan proyek-proyek yang berkaitan dengan lingkungan. Karenanya, perlunya dukungan dan pembiayaan bagi penerbit green sukuk untuk memastikan kemampuan penerbit untuk memenuhi kewajibannya terkait proyek lingkungan.

Monitoring dan pengawasan: Monitoring dan pengawasan atas penerapan green sukuk masih belum optimal, sehingga membutuhkan pengembangan lebih lanjut untuk memastikan bahwa proyek-proyek yang didanai oleh green sukuk sesuai dengan tujuannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!